Home » Blog » Sejarah Line Dance
Monday, March 19th 2018. Posted in Blog

Line Dance (baca : lain daens) merupakan suatu tataan langkah dan gerak atau koreografi, yang digerakan oleh sekelompok orang secara bersama-sama dengan menghadap kearah yang sama dalam satu atau beberapa deret.

Menurut Rick Bowen dalam artikel yang ditulisnya untuk Line & Country & Western Dance & Music Faq (Penyusun : Julian Gothard), asal muasal Line Dance dapat ditelusuri hingga ke tahun 18am, dalam bentuk dansa ‘contra’ – dimana pasangan penari membentuk barisan, pria disatu sisi dan wanita disisi lainnya dengan jarak diantara mereka, dan pasangan yang berada di paling belakang bergerak di antara barisan hingga ke ujung dengan lalu keluar dan kembali ke posisinya, sebagai contoh tarian ‘contra’ “The Stroll” yang dapat dilihat dalam film GREASE.

 

Line Dance yang tertua yang ditemukan, menurut Wikepedia, diciptakan tahun 1961 berjudul San Fransisco Stomp, yang merupakan nomor ‘country’. Dengan berkembangnya disco di era ’70an maka berkembang pula Line Dance dalam bentuk yang kita kenal sekarang, dengan berbagai ‘genre music’ seperti swing, rock ‘n roll, disco, latin dsb.

 

KATEGORI

Saat ini, nomor-nomor Line Dance dibagi ke dalam 2 Kategori yaitu country dan non country/Contemporer.

Dalam kategori contemporer, sering digunakan istilah Night Club (NC) untuk dansa-dansa yang ‘slow’, Cuban untuk latin dan Funky untuk hip-hop.

Secara teknis, Line Dance terbagi ke dalam Kompetisi dan Social Dancing.

Untuk anda yang suka berdansa line dance silahkan melengkapi sepatu dansa dengan memesan sepatu dansa di tokobajudansa(.)com atau whatssapp di 085649566142. #DUKUNGPRODUKLOKAL #BELADANBELIPRODUKLOKAL